top of page
Search

Employee Assessment Agenda




Dalam rangka meningkatkan people development yang semakin terkini, Human Resource Ecocare group sudah menyelenggarakan program employee assessment pada bulan Februari 2021. Employee assessment ini bertujuan untuk melakukan penilaian kompetensi karyawan baik untuk posisi saat ini ataupun posisi yang akan datang.


Untuk posisi saat ini, tentunya sangat berguna sekali baik bagi karyawan, pimpinan cabang ataupun management dalam rangka meningkatkan kompetensi yang seharusnya dipunyai untuk posisi saat ini dan tentunya meminimalisir kelemahan yang ada. Just focus on your strength.


Kalau untuk posisi yang akan datang, tentunya program ini merupakan landasan utama dalam rangka pelaksanaan promosi. Dari assessment, kita bisa melihat, apakah karyawan tersebut mempunyai kompetensi yang dibutuhkan dan sangat berpotensi untuk posisi tersebut. Ini adalah perwujudan dari prinsip, put the right man on the right place.


Agenda ini dijalankan dalam dua metode, yakni offline dan online. Untuk metode offline, sudah diselenggarakan pada Rabu, 27 Januari 2021 bertempat di Head Office. Jumlah karyawan yang mengikuti program ini berjumlah enam karyawan dari berbagai cabang di jabodetabek, diantaranya : Rita Tetty N, Hany, Welly Verdian, Lia Puspita W, Fanny Ardi G dan Atin Supriatin.


Untuk metode yang kedua, yakni online, ini dikhususkan untuk cabang diluar Jabodetabek. Surprise-nya, justru di periode ini, jumlah peserta membludak dua kali lipat dari peserta sebelumnya. Berjumlah tiga belas peserta, diantaranya : Ni Putu Lola AD, Ni Ketut Suka Ardani, Doni Safari S, Rohendi, Putri Afrilicia H, Sri Wahyuni P, Wulan D, Yulia K, Ayu Miranti M, Lilis S, Januar EC, Sri Setyarti dan Suwardi.


Lalu, apa saja sih jenis tes yang dilakukan pada assessment tersebut ? Ada empat jenis psychotest, interview one-on-one dan tentunya dalah focus group discussion (FGD). Untuk FGD, karyawan akan dichallenge dalam suatu kondisi yang bermasalah, dan dia harus dituntut untuk membuat suatu keputusan yang cepat dan tepat. Selain itu, keputusan yang ia buat juga harus siap untuk dikritisi oleh peserta lain.


Di sisi lain Ia juga harus mengkritisi keputusan yang sudah dibuat oleh peserta lain.

Pada sesi interview dan FGD, maka peserta akan dinilai oleh pak Widada S.AB.,M.M selaku HRGA Manager dan pak Benny Hidayansyah selaku General Manager Of Sales & business development TBI and pestcare.


Tahap demi tahap semua peserta harus mempersiapkan dengan baik semuanya, baik mental, fisik dan tentunya endurance. Dan, di puncak endurance tersebutlah, kita akan mengetahui character sesungguhnya dari karyawan tersebut.


Selama proses assessment, baik offline ataupun online, semua karyawan mengikuti dengan penuh antusias dan menggebu-gebu. Meski sudah sampai sore, rona muka mereka masih bersemangat seperti di kala mereka memulainya. Begitu pula untuk sesi online, meski kadang terkendala jaringan internet, hal itu tak menyurutkan semangat mereka sama sekali.


Apakah employee assessment ini penting ?


Ya, sangat penting sekali. Bahkan bagi semua organisasi di semua sektor industri, bahkan ini sudah menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi. Mereka bahkan berani dengan berinvestasi sangat besar untuk program ini. Namun, tentunya program penting ini tidak akan memberikan manfaat yang penting jika tidak digunakan dengan baik bagi Branch Manager dan Board Of Director (BOD) di cabangnya masing-masing.



Jakarta, 21 Feb 2021


Widada

8 views0 comments
bottom of page